MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN ARISAN KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA I KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
ATIK KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0102P
Abstract
Atik Kurniawati Santosa, 13.1.01.11.0102 P. , Meningkatkan Kemapuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Bermain Arisan Kata Pada Anak Kelompok B Tk Kusuma Mulia I Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses belajar mengajar di TK KUSUMA MULIA 1 Pare masih dominasi oleh aktivitas klasikal dengan didominasi pada peran Guru. Oleh karena itu tahapan pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan tahapan perkembangan bahasa anak. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka dapat dianalisis akan penyebab masalah dan alternatif pemecahannya.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan membaca anak kelompok B TK KUSUMA MULIA 1 Pare ?dan(2) bagaimana implementasi bermain arisan kata untuk meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B TK KUSUMA MULIA 1 Pare sesudah mengikuti kegiatan bermain arisan kata ini.
Metode penelitian yang digunakan adalah (1) dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model atau (2) siklus rancangan penelitian, sedangkan tehnik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah observasi dan hasil karya yang hasilnya digunakan untuk memperoleh data tentang aktivitas belajar anak.
Berdasarkan analisis hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat dikumpulkan melalui kegiatan bermain arisan kata dapat dibuktikan kebenarannya.Untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B TK KUSUMA MULIA 1 Pare tahun ajaran 2014/2015.