MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA STIK KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA VIII GEDANGSEWU KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
MUARIFATUR ROSYIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0101P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses belajar mengajar di TK Kusuma Mulia VIII masih dominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menonton, pasif dan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar anak didik dan hasil belajar yang rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah pembelajaran menggunakan media stik kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia VIII Gedangsewu kecamatan Pare Kabupaten Kediri ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok B TK kusuma Mulia VIII Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan Tiga siklus. Menggunakan instrument berupa lembar observasi kegiatan pembelajaran, RKH, dan lembar penilaian.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dalam siklus tindakan pembelajaran melalui media stik kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak yang hasilnya dapat dilihat adanya peningkatan dalam kegiatan membaca. (2) dalam siklus tindakan pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca melalui media stik kata dan dapat memotivasi anak, sehingga hasil belajar anak semakin meningkat.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, bahwa penggunaan media stik kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia VIII Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.