MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP BILANGAN 1 – 10 MELALUI MEDIA RODA ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK KEMALA BHAYANGKARI 42 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SRIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0097

Abstract

SRIYANI, Mengembangkan Kemampuan Memahami Konsep Bilangan 1 – 10 Melalui Media Roda Angka Pada Anak Kelompok A TK Kemala Bhayangkari 42 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Penelitian ini berdasarkan dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kurangnya pengembangan kemampuan memahami konsep bilangan 1 – 10, hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian penugasan anak yang masih dibawah standar ketuntasan kelas. Dalam hal ini media pembelajaran yang digunakan kurang sesuai dengan materi. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media roda angka dapat mengembangkan kemampuan memahami konsep bilangan 1 – 10 pada anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari 42 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015?” Penelitian ini menggunakan Classroom Action Research (CAR) atau PTK yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Action research pada hakikatnya merupakan tindakan dalam rangka memecahkan masalah di kelas, sampai masalah itu terpecahkan. Subjek penelitian anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari 42 Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, sebagai instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian penugasan anak dan lembar observasi aktivitas guru. Hasil penilaian penugasan anak pada kegiatan pengembangan kemampuan memahami konsep bilangan 1 – 10 dari setiap aspek yang diamati antara lain minat, keaktifan dan ketepatan pada tugas yang diberikan pada siklus I dengan prosentase ketutasan sebesar 50%, pada siklus II dengan prosentase ketuntasan sebesar 70,8%, dan pada siklus III prosentase ketuntasan sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil penilaian penugasan anak tersebut maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan kemampuan memahami konsep bilangan 1 – 10 melalui penggunaan media roda angka pada anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari 42 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 sudah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui media roda angka dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan memahami konsep bilangan 1 – 10 pada anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari 42 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci : kemampuan, konsep bilangan, roda angka

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI