MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PENGURANGAN ANGKA MELALUI MEDIA POHON HITUNG PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA NGETOS KECAMATAN NGETOS KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

BINTI UMI FADLILAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0092

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kemampuan kognitif anak dalam pengurangan angka masih rendah dan belum sepenuhnya terwujud pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Ngetos Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk. Permasalahan penelitian ini adalah : “Apakah menggunakan media pohon hitung dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam pengurangan angka pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Ngetos Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Jumlah subyek sebanyak 21 anak, yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Menggunakan instrumen berupa lembar observasi unjuk kerja, lembar penilaian anak, dan lembar observasi guru, Hasil penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan kognitif anak dalam pengurangan angka. Pada siklus I dinyatakan tuntas 28,57%, siklus II 66,67% dan pada siklus III 90,48%, maka dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam pengurangan angka pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Ngetos Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk dengan menggunakan media pohon hitung. Kata kunci : Kognitif, Pengurangan Angka, Pohon Hitung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI