MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE TANYA JAWAB DENGAN PERMAINAN LUBANG KATA PADA ANAK KELOMPOK B TKIT AL AQSHA KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

INTAN SUMINAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0086

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada anak kelompok B TK IT Al Aqsha Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri masih banyak yang belum mampu dan kurang aktif dalam kegiatan menyimak. Permasalahan peneliti adalah kurang berkembangnya kemampuan menyimak pada anak kelompok B TK IT Al Aqsha Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya kurang beragamnya media dan sumber belajar untuk kegiatan pengembangan kemampuan menyimak, sehingga anak mudah bosan dan kurang menarik perhatian. Dan dapat berimbas pada anak yaitu kurang berkembangnya kemampuan menyimak pada anak. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian anak kelompok B TK IT Al Aqsha Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa, lembar observasi anak dan lembar observasi guru. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan menerapkan permainan lubang kata dapat mengembangkan kemampuan menyimak pada anak kelompok B TK IT Al Aqsha Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Kata kunci:menyimak, tanya jawab, permainan lubang kata

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI