PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU KHADIJAH DESA NGEPUNG KECAMATAN PATIANROWO KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

FARADHIBA AMARAL ZIANEDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0075

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari observasi dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti bahwa belum optimalnya penggunaan permainan edukasi di TK Muslimat NU Khadijah, sehingga membuat anak menjadi lebih cepat bosan dan tidak tertarik dengan materi pembelajaran yang diberikan oleh pendidik. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia dini kelompok A TK Muslimat NU Khadijah Desa Ngepung Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk?”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eskperimental design dengan jenis One-Group Pre-Test Post-Test. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok A TK Muslimat NU Khadijah Desa Ngepung Patianrowo Kabupaten Nganjuk umur 4 sampai 5 tahun yang berjumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dengan instrument penelitian berbentuk non-test. Teknik analisis data menggunakan metode statistik-non-parametrik dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dalam program SPSS 20. Hasil analisis data diperoleh perbedaan rata-rata perkembangan kognitif sebelum diberikan tindakan 31,47 dan sesudah diberikan perlakuan 61,47 sebesar 30,27 sehingga dapat dilihat secara signifikan bahwa permainan puzzle berpengarauh terhadap perkembangan kognitif anak kelompok A TK Muslimat NU Khadijah Desa Ngepung Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI