MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN TENTANG PEMBIASAAN CUCI TANGAN SEBELUM MAKAN MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR MENGGUNAKAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK AL HIDAYAH BAKTI III SINGGAHAN KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
FATIYATUL ABIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0068
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa masih rendahnya kemampuan pembiasaan cuci tangan anak, hal ini dapat diihat dari kurangnya anak untuk melakukan pembiasaan cuci tangan sebelum makan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meneliti melalui media cerita bergambar pada anak kelompok A TK Al Hidayah Bakti III Singgahan, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri Tahun Pelajaraan 2016/2017. Jenis Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan 3 siklus pelaksanaan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data dianalisis dengan analisis diskriptif. Untuk menguji hipotesis tindakan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, diperoleh prosentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 52,9%, siklus II sebesar 64,7%, dan siklus III sebesar 82,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Tindakan pembelajaran melalui cerita bergambar dapat mengembangkan kemampuan tentang pembiasaan cuci tangan sebelum makan pada anak kelompok A TK Al-Hidayah Bakti III Singgahan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.
KATA KUNCI : Pembiasaan cuci tangan sebelum makan, Media cerita Bergambar, metode Bercerita.