MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MENGENAL KONSEP ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA KALENDER PINTAR PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA WONOREJO KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ALFI LANA NUR INDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0065

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kreativitas guru dalam memilih kegiatan untuk menstimulasi kemampuan mengenal konsep angka 1-10 pada anak masih kurang. Dalam mengembangkan kemampuan kognitif di kelas, guru masih menggunakan media papan tulis dan majalah, hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK  Kusuma Mulia Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Permasalahan yang hendak dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media kalender pintar dapat mengembangkan kemampuan kognitif melalui kegiatan mengenal konsep angka 1-10 pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Wonorejo  Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri ?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 14 anak kelompok A di TK Kusuma Mulia Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Minggguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian hasil penugasan dan lembar observasi proses pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan kalender pintar sebagai media pembelajaran dalam kegiatan mengenal konsep angka 1-10 dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Kusuma Mulia Wonorejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten  Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil ketuntasan pada penelitian ini adalah pada siklus I sebesar 28%, pada siklus II sebesar 64%, dan  siklus III sebesar 86%.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2008.  Penelitian Tindakan  Kelas . Jakarta : Rineka Cipta.

 

__   , 2016. Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kediri: Universitas  Nusantara PGRI.

 

Depdiknas. 2017. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Depdiknas.

 

Kemmis, and MC. Taggart, R. 1998. The Action Research Planer Third Edition. Australia: Deakin University.

 

Nurmainis.2002.Peningkatan Pengenalan Konsep Angka Melalui Permainan Kalender Di Taman Kanak-Kanak Islam Silaturrahmi Kabupaten Padang Pariaman. (Online). Tersedia pada: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/PAUD/article/viewfile/1688/1457//. Diunduh pada tanggal  2 November 2016.

 

Putri. Lidya,Vinta. 2012. Media Pembelajaran TK dari Kalender Bekas. (Online). Tersedia Http://vintahandmade.blogspot.com// diunduh pada tanggal 13  November 2016.

 

Sujiono,Yuliani. Nurani., 2008. Metode Pengembangan Kognitif (b). Jakarta : Universitasitas Terbuka.


PUBLISHED

2018-08-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI