MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MEMBENTUK DENGAN TEKNIK KOLASE MENGGUNAKAN METODE PROYEK SEDERHANA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 01 BANJARSARI TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

TITIN AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0062

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui kegiatan membentuk dengan teknik kolase menggunakan metode proyek sederhana dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan menerapkan metode proyek sederhana melalui kigiatan membentuk dengan teknik kolase. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan tiga siklus dan setiap siklusnya satu kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B Tk Dharma Wanita 01 Banjarsari. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan,diketahui hasil ketuntasan belajar anak pada siklus I masih mencapai 35%, kemudian pada tindakan siklus II ketuntasan meningkat dengan baik menjadi 50%, dan pada tindakan siklus III ketuntasan belajar anak meningkat dengan baik menjadi 95%. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan pada guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dapat dilakukan kegiatan membentuk dengan teknik kolase serta menerapkan metode proyek sederhana secara tepat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI