MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN PENCAMPURAN WARNA MENGGUNAKAN MEDIA GELEMBUNG WARNA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA I SETONOREJO TAHUN 2016/2017
Author (Penulis)
ARINDA SETYA DEVI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0061
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa masih rendahnya kemampuan kognitif anak, hal ini dapat dilihat dari kurangnya inovasi guru dalam merancang sebuah kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak dan kurangnya kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran.
Berdasarkan identifikasi masalah yang telah dikemukakan dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: “Apakah melalui kegiatan pencampuran warna menggunakan media gelembung warna dapat mengembangkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 1 Setonorejo tahun pelajaran 2016/2017?”
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subjek anak kelompok A TK Dharma Wanita I Setonorejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan tiga siklus dengan menggunakan instrument pembelajaran RPPM, dan RPPH. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian hasil unjuk kerja dan lembar observasi guru.
Hasil penelitian dikatakan berhasil karena indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah mencapai lebih dari 75%. Kemampuan kognitif anak pada pra tindakan mencapai ketuntasan belajar 35%, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 55%, pada siklus II menjadi 70%, dan pada siklus III menjadi 90%. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pencampuran warna menggunakan media gelembung warna dapat mengembangkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK Dharma Wanita I Setonorejotahun pelajaran 2016/2017.