MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENI MENGGAMBAR MENGGUNAKAN BENTUK DASAR GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B PAUD BABUSSALAM KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

TITUS ENGGAR PUJANINGROM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0059

Abstract

ABSTRAK Titus Enggar Pujaningrom:Meningkatkan KemampuanSeni Menggambar Menggunakan Bentuk Dasar Geometri Pada Anak Kelompok B PAUD Babussalam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci:Seni Menggambar, Bentuk Dasar Geometri, Anaka Kelompok Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran menggambar pada anak kelompok B PAUD Babussalam masih rendah, hal ini dikarenakan kurangnya minat anak terhadap kegiatan seni menggambar. Akibatnya kemauan anak untuk melakukan kegiatan menggambar menjadi menurun. Hal tersebut nampak ketika guru mengajak anak didik untuk melakukan kegiatan menggambar anak didik terlihat enggan atau bahkan tidak mau karena mereka menganggap bahwa kegiatan menggambar adalah kegiatan yang sulit bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seni menggambar menggunakan bentuk dasar geometri pada anak kelompok B PAUD Babussalam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan subjek penelitian anak kelompok B PAUD Babussalam. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPPM, RPPH, observasi aktivitas anak, lembar observasi aktivitas guru. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalahapabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan pada kemampuan menggambar menggunakan bentuk dasar geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menggambar meningkat setelah adanya tindakan dengan menggunakan bentuk dasar geometri sebagai langkah awal dalam kegiatan menggambar. Pada saat dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar anak sebesar 35%. Tindakan pada siklus II mendapatkan persentase ketuntasan belajar sebesar 55%. Tindakan pada siklus III dan mendapat persentase ketuntasan belajar sebasar 80%perolehan persentase ini dikategorikan sangat baik. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kemampuan menggambar anak dapat meningkat adalah: guru menyiapkan perlengkapan yang akan digunakan dalam kegiatan menggambar, guru juga mendemonstrasikan cara menggambar menggunakan bentuk dasar geometri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan bentuk dasar geometri dapat meningkatkan kemampuan seni menggambar anak kelompok B PAUD Babussalam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI