Mengembangkan Kemampuan Bahasa Melalui Kegiatan Membedakan Huruf Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Anak Kelompok A TK Kusuma Mulia Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017
Author (Penulis)
ELIZA ULINUHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0056
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan bahasa pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Badal Tahun Pelajaran 2016/2017 masih rendah, hal ini dikarenakan media yang digunakan guru dalam pembelajaran mengenal huruf tidak bervariasi. Sehingga anak mengalami kejenuhan dan bosan saat pembelajaran membaca huruf. Pembelajaran yang dilakukan di TK Kusuma Mulia Badal terlalu monoton, Rumusan permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan media kartu huruf dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Badal Tahun Pelajaran 2016/2017?”
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian 16 anak kelompok A TK Kusuma Mulia Badal yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 5 anak didik laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajarna Harian (RPPH), lembar observasi guru dalam lembar penilaian untuk anak.
Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada anak dari pra tindakan sebesar 31%b, pada siklus 1 mencapai ketentuan sebesar 69 %, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 81%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu huruf dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Badal Pada Tahun Pelajaran 2016/2017