meningkatkan kemampuan sains sederhana melalui kegiatan benda terapung tenggelam menggunakan metode eksperimen pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Mojokerep Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

MILLA SURYA ROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0053

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa masih rendahnya kemampuan kognitif, hal ini dapat dilihat dari rendahya pembelajaran guru dengan menggunakan metode lama. Berdasarkan identfikasi masalah yang telah ditemukan dapat dirumuskan masalah sebagai berikut "Apakah melalui kegiatan penda terapung tenggelam menggunakan metode eksperimen dapat mengembangkan kemampuan sains pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia mojokerep tahun ajran 2016/2017. Metode ini mengguanan 2 siklus dengan menggunakan instrumen penilaian RPPmM dan RPPH. Metode penggumpulan data dalam peneliian ini menggunakan penelitian unjuk kerja dan lembar observasi. Hasil penelitian dikatakan meningkat karena indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah mencapai lebih dari 75%. kemampuan anak pada pra siklus mencapai ketuntasan belajar 26,66%, mengalami peningkatan pada silus I menjadi 66,66%, pada siklus II 86,66%. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan benda terapung tenggelam menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan kempuan sains sederhana pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Mojokerep Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Kognitif, sains sederhana, metode eksperimen

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI