MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENCAMPURAN WARNA MELALUI MEDIA POHON WARNA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA 1 PETOK KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DEVI NURJANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0050

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENCAMPURAN WARNA MELALUI MEDIA POHON WARNA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA I PETOK KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Devi Nurjanah NPM: 13.1.01.11.0050 FKIP – PG-PAUD devi08@gmail.com 1. Hanggara Budi Utomo, M. Pd, M. Psi 2. Nur Lailiyah, M. Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilakukan karena kurangnya kemampuan anak dalam mengenal pencampuran warna, dikarenakan dalam proses pembelajaran yang digunakan di TK Kusuma Mulia 1 Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri masih menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media. Anak hanya mengerjakan LKA dan mewarnai saja, sehingga hal tersebut kurang menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran pencampuran warna melalui media pohon warna menggunakan metode eksperimen pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia 1 Petok kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Anak diharapkan mampu menyebutkan warna dasar, dapat mencampur warna menjadi warna skunder, menyebutkan hasil pencampuran warna yang dihasilkan serta mampu menceritakan kembali proses pencampuran warna. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu anak kelompok B di TKkusuma Mulia 1 Petok yang berjumlah 13 anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan percobaan pembelajaran dengan media pembelajaran pohon warna. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelian ini dikatan berhasil karena indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah mencapai lebih 75%. Kemampuan motoric kasar anak pada saat pra tindakan mencapai ketuntasan belajar 20%, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 46,7% pada siklus II menjadi 73,3%, dan pada siklus III menjadi 86,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pencampuran warna dapat meningkatkan kemampuan kognitifpada anak kelompok B TK Kusuma Mulia I Petok kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Pencampuran Warna, Metode Eksperimen, Kelompok B.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI