MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBUT ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA KOTAK DORAEMON PADA ANAK KELOMPOK A RA KUSUMA MULYA VII POJOK 1 KEC. MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

LULUK NUR HAMIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0041

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengalaman dan pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran kognitif khususnya menyebut angka 1-10 di Taman Kanak-kanak masih dilakukan dengan cara yang tidak sesuai dengan usia tumbuh kembang anak. Banyak sekali orang tua dan pendidik sering untuk memaksakan anak untuk membaca, menulis, berhitung tanpa melalui proses yang benar. Selain itu, khususnya kelompok A RA Kusuma Mulya VII pojok 1 kemampuan menyebut angka 1-10 masih rendah. Terbukti anak masih kesulitan menyebut angka 1-10. Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat diambil suatu rumusan masalah apakah media kotak doraemon dapat meningkatkan kemampuan menyebut angka 1-10 pada anak kelompok A RA Kusuma Mulya VII Pojok 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A RA Kusuma Mulya VII Pojok 1 . penelitian ini dilaksanakan 3 siklus, menggunakan RPPM, RPPH, media, buku bantu penilaian atau lembar observasi siswa. Hasil dari penelitian ini terlihat dari siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif pada penerapan media kotak doraemon untuk meningkatan kemampuan menyebut angka 1-10 pada anak. Terlihat dari sebelum dilakukannya siklus prosentase yang diperoleh 37,5% anak yang tuntas, setelah dilakukanya tindakan mulai dari I,II dan III anak yang tuntas semakin menigkat. Hingga sampai pada siklus III prosentase anak yang tuntas 81,25% melampaui ketuntasan minimal 75%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media kotak doraemon dapat meningkatkan kemampuan menyebut angka 1-10 pada anak kelompok A RA Kusuma Mulya VII Pojok 1 Kec. Mojoroto Kota Kediri. Kata Kunci : Menyebut angka 1-10, Kotak Doraemon

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI