MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE ALFABET PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULYA BAKALAN I DESA BAKALAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ELZA PRISTIKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0039

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI PERMAINAN PUZZLE ALFABET PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KUSUMA MULYA BAKALAN I DESA BAKALAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 ELZA PRISTIKASARI 13.101.11.0039 FKIP – PG-PAUD elzapristikasari@yahoo.co.id Isfauzi Hadi Nugroho, M.Psi dan AyuTitisRukmana Sari, M.Sn UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Kelompok A TK Kusuma Mulya Bakalan I Desa Bakalan Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 masih rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran pada aspek membaca awal yang tidak menarik dan membosankan.Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca awal, secara khusus untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan membaca awal anak melalui permainan edukatif Puzzle Alfabet. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini dilaksanakan di TK Kusuma Mulya Bakalan I Desa Bakalan Kecamatan Grogol Kabupaten Keiri Tahun Pelajaran 2016/2017. Yang dipusatkan pada anak kelompok A yang berjumlah 20 anak terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Dalam penelitian ini menggunakan 3 siklus. Setiap siklus meliputi tahapan: 1). perencanaan, 2). pelaksanaan, 3). pengamatan, 4). refleksi,dan penelitian ini menggunakan teknik penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca awal melalui permainan edukatif Puzzle Alfabetsiklus I memperoleh persentase 30 %, siklus II memperoleh persentase 55 %, dansiklus III memperoleh persentase 85 %. Berdasarkan hasil penelitian yang ada maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Puzzle Alfabet dapat meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak.Bagi teman sejawat yang mempunyai permasalahan yang sama bias menerapkan penggunaan media puzzle alfabet. Bagi kepala sekolah hendaknya membantu menyediakan bahan main yang lebih banyak sesuai jumlah siswa. Dan bagi peneliti selanjutnya penerapan penggunaan media Puzzle Alfabet ini masih perlu diteliti keefektifitasannya. KATA KUNCI: Bahasa, Membaca Awal, Puzzle Alfabet.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI