MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BUAH PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK TIRON 1 KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ARIN SUMIARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0038

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Kemampuan Berhitung 1-20 Pada Anak Kelompok B TK PKK TIRON I Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun ajaran 2016/2017 masih rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran pada aspek berhitung 1-20 kurang menarik serta media yang digunakan kurang menarik minat anak sehingga anak merasa bosan dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran.Oleh karena itu, peneliti tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Mengembangkan Kemampuan Berhitung 1-20 Menggunakan MediaGambar Buah Pada Anak Kelompok B TK PKK TIRON I Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017”. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK PKK TIRON I Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Yang berjumlah 25 anak, terdiri dari 12 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Berdasarkan identifikasi yang telah ditemukan dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: “penerapan media gambar buah dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 pada anak kelompok B TK PKK TIRON I Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 ?” Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung 1-20, secara khusus untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berhitung 1-20 menggunakan media gambar buah pada anak kelompok B TK PKK TIRON I Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini dilaksanakan di TK PKK TIRON I Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 dengan tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM dan RPPH, lembar observasi aktivitas guru dan lembar unjuk kerja anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran media gambar buah untuk meningkatkan kemampuan berhitung 1-20, penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 menggunakan mediagambar buah pada anak kelompok B pada siklus I memperoleh prosentase 28%, siklus II memperoleh prosentase 52 %, dan siklus III memperoleh prosentase 76 %. Hasil penelitian yang ada maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan gambar buah dapat meningkatkan kemampuan berhitung 1-20 pada anak kelompok B TK PKK TIRON I Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. KATA KUNCI :berhitung, media gambar buah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI