MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA DROPBOX PADA KELOMPOK PLAYGROUP DI PAUD ZAM-ZAM KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

MAHKOTA FARANOVA YUGA AGNESIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0034

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan anak dalam membaca khusunya membaca huruf hijaiyah masih kurang. Proses pembelajaran yang cenderung pasif. Hal ini nampak dari hasil pemerolehan data anak pratindakan 70%, dikarenakan proses pembelajaran dan media membaca yang kurang menarik, huruf hijaiyah pada anak juga masih rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan kegiatan membaca huruf hijaiyah menggunakan media Dropbox dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok Playgroup PAUD ZAM-ZAM Jajar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok Playgroup PAUD Zam-Zam Jajar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa lembar unjuk kerja anak, dan lembar observasi aktivitas guru. Hasil penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus diperoleh data nilai rata-rata peningkatan kemampuan membaca pada pratindakan sebesar 62,5%, meningkat pada siklus I sebesar 50%, meningkat lagi pada siklus II sebesar 70%, dan pada siklus III meningkat sebesar 85%. Dari hasil pratindakan sampai siklus III maka dapat disimpulkan adanya peningkatan perkembangan kemampuan membaca pada anak Playgroup PAUD Zam-Zam Jajar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri melalui kegiatan membaca huruf hijaiyah dengan media Dropbox. Simpulan hasil penelitian ini, bahwa penerapan kegiatan membaca huruf hijaiyah menggunakan media Dropbox dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Guru masih perlu mengembangkan kemampuan membaca dengan menggunakan media. KATA KUNCI: membaca, hijaiyah, dropbox

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI