MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA BOOK FLANEL KELOMPOK A DI TK KEMALA BHAYANGKARI 95 BRIMOB KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

ANITA AYU DITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0033

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A2 TK Kemala Bhayangkari 95 Brimob Kecamatan Mojoroto Kota Kediri disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: Proses pembelajaran yang cenderung pasif sehingga anak kurang tertarik dengan pembelajaran, Kurangnya kemampuan guru dalam menciptakan alat peraga edukatif, Pembelajaran yang hanya mengacu pada lembar kerja anak. Berdasarkan kemamupan mengenal lambang bilangan 1-10, sebanyak 6 anak (37,5%) dinyatakan tuntas dan sebanyak 10 anak (62,5%) dinyatakan belum tuntas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah media Book Flanel dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 95 Brimob Kecamatan Mojoroto Kota Kediri ? Dalam penelitian ini menggunakan metode ujuk kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan model kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan subyek penelitian anak kelompok A2 TK Kemala Bhayangkari 95 Brimob Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2016-2017. Yang berjumlah 16 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Dari hasil penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus diperoleh data nilai rata-rata peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada pratindakan sebesar 37,5%, meningkat pada siklus I sebesar 43,75%, meningkat lagi pada siklus II sebesar 56,25%, dan pada siklus III meningkat sebesar 81,25%. Dari hasil pratindakan sampai siklus III maka dapat disimpulkan adanya peningkatan perkembangan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A2 TK Kemala Bhayangkari 95 Brimob Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Berdasarkan simpulan dan pembahasan masalah yang ada di TK Kemala Bhayangkari 95 Brimob Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, bahwa tindakan guru dalam menggunakan media Book Flanel dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari 95 Brimob Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2016-2017. Kata kunci: book flanel, mengenal lambang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI