MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN LOMPAT KARPET ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI II KECUBUNG KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DESIYANTI ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0031

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa kemampuan kognitif khususnya mengenal konsep lambang bilangan pada anak kelompok A Tk Pertiwi II Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017 masih rendah. Berdasarkan hasil penilaian sebelum dilakukan tindakan ketuntasan belajar anak hanya mencapai 30%. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang pasif karena anak kurang tertarik mengikuti kegiatan kognitif, pembelajaran kurang variatif dan monoton, kurangnya pemahaman guru dalam memberikan stimulasi dengan media kongkret, yang memudahkan anak dalam menerima materi kegiatan kognitif apabila menggunkan alat peraga secara langsung dan nyata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode bermain lompat karpet angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep lambang bilangan pada anak kelompok A Tk Pertiwi II Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017?. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart dengan teknik penilaian unjuk kerja, subjek penelitian 20 anak Kelompok A TK Pertiwi II Kecubung yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian hasil unjuk kerja anak dan lembar observasi guru. Dengan adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep lambang bilangan pada anak dari pratindakan sebesar 30%, pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 50%, siklus II meningkat menjadi 70% dan meningkat lagi pada siklus III yaitu sebesar 85%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan permainan lompat karpet angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambang bilangan pada anak kelompok A Tk Pertiwi II Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : kognitif, lambang bilangan, lompat karpet angka

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI