MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA PAPAN JEMURAN PINTAR PADA ANAK KELOMPOK A TK SATU ATAP PATRANREJO KECAMATAN BERBEK KABUPATEN NGANJUK
Author (Penulis)
ETY MAYASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0023
Abstract
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA PAPAN JEMURAN PINTAR PADA ANAK KELOMPOK A TK SATU ATAP PATRANREJO KECAMATAN BERBEK KABUPATEN NGANJUK
Ety Mayasari
13.1.01.11.0023
FKIP-PG PAUD
etymayyasari93@gmail.com
Drs. Kuntjojo, M.Pd., M.Psi dan Ayu Titis Rukmana Sari, M.Sn
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti yang menunjukkan bahwa belum berkembangnya kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A. Berdasarkan hasil penilaian pra tindakan ketuntasan belajar anak mencapai 50%. Hal tersebut merupakan suatu masalah yang harus dipecahkan, untuk itulah peneliti memecahkan masalah tersebut melalui penelitian tindakan kelas. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah: Apakah penggunaan media papan jemuran pintar dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Satu Atap Patranrejo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk?
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dengan prosedur umum meliputi: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Satu Atap Patranrejo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 20 anak didik terdiri dari 13 anak laki-laki dan 7 anak perempuan Instrumen penilaian yang digunakan adalah unjuk kerja dan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Simpulan hasil penelitian ini adalah: kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A meningkat yaitu 85% ( memenuhi kriteria ketuntasan minimal 75%). Berdasarkan analisis data perubahan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan jemuran pintar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Satu Atap Patranrejo Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk.
Sebagai saran dari peneliti adalah bagi Kepala Sekolah dan Guru PAUD hendaknya menyediakan dan menggunakan media papan jemuran pintar sebagai alternatif kegiatan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10.
KATA KUNCI: Konsep Bilangan 1-10, Media Papan Jemuran Pintar