MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BEKERJASAMA MELALUI PERMAINAN SUSUN KUBUS DENGAN TALI PADA ANAK KELOMPOK B3 TK AL HIDAYAH VI WAHID HASYIM TANJUNGSARI, KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
ZANA LUKLUI DINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0021
Abstract
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL
DALAM BEKERJASAMA
MELALUI PERMAINAN SUSUN KUBUS DENGAN TALI
PADA ANAK KELOMPOK B3 TK AL HIDAYAH VI WAHID HASYIM
TANJUNGSARI KOTA BLITAR
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
ZANA LUKLUI DINA
13.1.01.11.0021
FKIP – Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Email : zana22@gmail.com
Drs. Kuntjojo, M.Pd., M.Psi. dan Ayu Titis Rukmana Sari, M.Sn.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi belum berkembangnya kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak kelompok B3 TK Al Hidayah VI Wahid Hasyim Tanjungsari, Kota Blitar, berdasarkan hasil penilaian ketuntasan belajar anak hanya 7 anak dari 16 anak yang sudah dapat memenuhi ketuntasan belajar.penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama.Permasalahan peneliti ini adalah Apakah melalui metode bermain susun kubus dengan tali dapat meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak kelompok B3 TK Al Hidayah VI Wahid Hasyim Tanjungsari, Kota Blitar?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Taggert dengan subjek penelitian anak kelompok B3 TK Al Hidayah VI Wahid Hasyim Tanjungsari , Kota Blitar dengan jumlah 16 anak. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dengan prosedur umum meliputi : 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Instrument yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis tindakan adalah teknik deskripif kuantitatif dengan kriteria ketuntasan keberhasilan sekurang kurangnya mecapai 75%.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak kelompok B3 TK Al Hidayah VI Wahid Hasyim meningkat dari 65 % menjadi 80%, maka dapat disimpulkan penerapan permainan susun kubus dengan tali dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak kelompok B3 TK Al Hidayah VI Wahid Hasyim Tanjungsari, Kota Blitar.
Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas, peneliti mengajukan saran kepada: 1)Guru TK, untuk menggunakan permainan susun kubus dengan tali sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak, 2)Kepala TK Al Hidayah VI Wahid Hasyim juga perlu menyiapkan sarana dan prasarana yang menunjang untuk dilakukannya kegiatan permainan susun kubus dengan tali, dan mengkondisikan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak.
KATA KUNCI : Sosial emosional, bekerjasama, susun kubus