MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BEKERJASAMA MELALUI PERMAINAN SUSUN KUBUS DENGAN TALI PADA ANAK KELOMPOK B3 TK AL HIDAYAH VI WAHID HASYIM TANJUNGSARI, KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ZANA LUKLUI DINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0021

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BEKERJASAMA MELALUI PERMAINAN SUSUN KUBUS DENGAN TALI PADA ANAK KELOMPOK B3 TK AL HIDAYAH VI WAHID HASYIM TANJUNGSARI KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017 ZANA LUKLUI DINA 13.1.01.11.0021 FKIP – Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Email : zana22@gmail.com Drs. Kuntjojo, M.Pd., M.Psi. dan Ayu Titis Rukmana Sari, M.Sn. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi belum berkembangnya kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak kelompok B3 TK Al Hidayah VI Wahid Hasyim Tanjungsari, Kota Blitar, berdasarkan hasil penilaian ketuntasan belajar anak hanya 7 anak dari 16 anak yang sudah dapat memenuhi ketuntasan belajar.penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama.Permasalahan peneliti ini adalah Apakah melalui metode bermain susun kubus dengan tali dapat meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak kelompok B3 TK Al Hidayah VI Wahid Hasyim Tanjungsari, Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Taggert dengan subjek penelitian anak kelompok B3 TK Al Hidayah VI Wahid Hasyim Tanjungsari , Kota Blitar dengan jumlah 16 anak. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dengan prosedur umum meliputi : 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Instrument yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis tindakan adalah teknik deskripif kuantitatif dengan kriteria ketuntasan keberhasilan sekurang kurangnya mecapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak kelompok B3 TK Al Hidayah VI Wahid Hasyim meningkat dari 65 % menjadi 80%, maka dapat disimpulkan penerapan permainan susun kubus dengan tali dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak kelompok B3 TK Al Hidayah VI Wahid Hasyim Tanjungsari, Kota Blitar. Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas, peneliti mengajukan saran kepada: 1)Guru TK, untuk menggunakan permainan susun kubus dengan tali sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak, 2)Kepala TK Al Hidayah VI Wahid Hasyim juga perlu menyiapkan sarana dan prasarana yang menunjang untuk dilakukannya kegiatan permainan susun kubus dengan tali, dan mengkondisikan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak. KATA KUNCI : Sosial emosional, bekerjasama, susun kubus

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI