MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI PERMAINAN SEPERTI APA AKU PADA ANAK KELOMPOK A PAUD AL-FIRDAUS KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ZULVI ARIS TIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0020

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi belum berkembangnya kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A PAUD AL-Firdaus. Berdasarkan hasil penilaian prosentase ketuntasan belajar anak hanya mencapai 25%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 anak melalui permainan seperti apa aku. Rumusan masalah masalah pada penelitian ini adalah: Apakah melalui permainan seperti apa aku dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A PAUD AL-Firdaus Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart dengan subjek penelitian anak kelompok A PAUD AL-Firdaus Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri dilaksanakan dalam tiga siklus dengan prosedur umum meliputi 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Instrumen yang digunakan adalah unjuk kerja. Adapun teknik analisis data untuk menguji hipotesis tindakan adalah teknik diskriptif kuantitatif dengan kriteria ketuntasan sekurang-kurangnya mencapai 75% sehingga hipotesis dinyatakan diterima. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian sebagai berikut: hasil penelitian pada SIKLUS I tingkat keberhasilan anak 36%. Pada SIKLUS II tingkat keberhasilan anak 57% dan pada SIKLUS III tingkat keberhasilan anak adalah mencapai 96%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan melalui permainan seperti apa aku dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A PAUD AL-Firdaus Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas, peneliti diajukan saran kepada: 1)Bagi Guru,diharapkan dapat menggunakan metode bermain yang menarik seperti permaian seperti apa aku, sehingga anak akan lebih senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. 2) Bagi orang tua, dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 anak perlu pendampingan yang maksimal agar tercapai tujuan yang diinginkan sesuai dengan tahapan usia anakanak. Kata kunci : kemampuan mengenal angka 1-10, permainan seperti apa aku.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI