Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kolase Bahan Alam Pada Anak Kelompok A1Tk Al Hidayah VI Wahid Hasyim Kota Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

CENDY PRISMA MILASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0018

Abstract

Abstrak CENDY PRISMA MILASARI. : Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kolase Bahan Alam Pada Anak Kelompok A1 TK AL Hidayah VI Wahid Hasyim Kota Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci : Motorik halus, Kolase bahan alam ABCPenelitian ini dilatar belakangi belum berkembangnya kemampuan motorik halus pada anak kelompok A1 TK AL Hidayah VI Wahid Hasyim. Berdasarkan hasil penilaian sebelum dilakukan tindakan ketuntasan belajar anak hanya mencapai 23,80%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase bahan alam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah melalui kegiatan kolase bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A1 TK AL Hidayah VI Wahid Hasyim Kota Blitar? ABCPenelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart dengan subjek penelitian anak kelompok A1 TK AL Hidayah VI Wahid Hasyim Kota Blitar dan dilaksanakan dalam tiga siklus dengan prosedur umum meliputi 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Instrumen penilaian yang digunakan adalah hasil karya. Adapun teknik analisis data untuk menguji hipotesis tindakan adalah teknik diskriptif kuantitatif dengan kriteria kentuntasan sekurang-kurangnya mencapai 75%. ABCKesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan kegiatan kolase bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A1 TK AL Hidayah VI Wahid Hasyim Kota Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian seperti berikut : hasil penelitian pada SIKLUS I tingkat keberhasilan anak mencapai 33,33%. Pada SIKLUS II tingkat keberhasilan anak mencapai 61,91% dan pada SIKLUS III tingkat keberhasilan yang dicapai anak adalah 85,72%. ABCBerdasarkan kesimpulan penelitian di atas, peneliti mengajukan saran kepada: 1)Bagi Guru, diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan kolase sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. 2)Bagi orang tua, Dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak perlu pendampingan yang maksimal agar tercapai tujuan yang diinginkan sesuai dengan tahapan usia mereka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI