MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 MELALUI PERMAINAN KOTAK HEWAN PADA ANAK KELOMPOK B RA AL-MADINAH BANDARLOR KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ELVI SAIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0017

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil penilaian guru, yaitu kurangnya kemampuan berhitung 1-20 pada anak kelompok B RA Al-Madinah Bandarlor Kota Kediri. Dapat dilihat dari hasil analisa perhitungan pada pra tindakan masih rendah yaitu sebesar 25%, jumlah tersebut masih dibawah jumlah minimal yang sudah ditetapkan yaitu 75%. Berdasarkan masalah tersebut peneliti memecahan masalah melalui permainan kotak hewan. Dengan demikian rumusan masalahnya adalah “Apakah penerapan permainan Kotak Hewan dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B RA Al-Madinah Bandarlor Kota Kediri.?” Rancangan yang dipilih dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Taggart menggunakan tiga siklus, setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui teknik pemberian tugas dan teknik observasi. Pengujian hipotesis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan membandingkan ketuntasan belajar anak sebelum dilakukan tindakan dan sesudah dilakukannya tindakan. Kriteria ketuntasan belajar yang dipakai adalah 75% atau lebih. Dari hasil analisa perhitungan sesudah dilakukannya tindakan, ketuntasan belajar berhitung 1-20 mencapai 91,7%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan kotak hewan dalam pembelajaran dapat Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-20 Pada Anak Kelompok B RA Al-Madinah Bandarlor Kota Kediri, sehingga hipotesis tindakan diterima. Berdasarkan kesimpulan disampaikan beberapa saran antara lain untuk guru RA yaitu permainan kotak hewan dapat dijadikan alternatif untuk pembelajaran berhitung 1-20, sedangkan untuk kepala RA yaitu media stiker tempel ini terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak, namun media tersebut belum ada di lembaga. Mohon untuk kepala RA Al-Madinah berkenan menyediakan media tersebut, agar guru lebih mudah untuk mengoptimalkan kemampuan berhitung pada anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI