Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Melalui Permainan Pencak Silat pada Anak Kelompok B TK Kusuma Mulia II Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

ANGGI WIDYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0012

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penilaian di kelas yang menunjukkan bahwa kemampuan fisik motorik kasar pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia II Kota Kediri masih rendah yaitu ketuntasan belajar  hanya 33,3% sedangkan ketuntasan belajar minimal adalah 75%. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di kelas belum berjalan optimal, minat anak untuk berkembang dalam aspek fisik motorik kasar masih lemah sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan fisik motorik kasar. Permasalahan tersebut dipecahkan melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa permainan pencak silat. Sehingga rumusan masalah ini adalah ”Apakah Permainan Pencak Silat dapat Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar pada Anak Kelompok B TK Kusuma Mulia II Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini menggunakan PTK model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian yang berjumlah 15 anak. Data tentang kemampuan motorik kasar dikumpulkan dengan teknik unjuk kerja dan data tentang pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan teknik observasi. Data ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif . Setelah dilaksanakan penelitian, siklus I diperoleh hasil ketuntasan belajar anak didik sebesar 40%, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 53,3%, pada siklus III  sebesar 80%. Persentase ketuntasan tersebut melebihi ketuntasan belajar minimal 75% sehingga hipotesis dinyatakan diterima. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu permainan pencak silat dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia II Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, Arief. 2007. Bela diri. Yogyakarta : Insan Madani.

Mulyana. 2013. Pendidikan Pencak Silat Membangun Jati Diri dan Karakter Bangsa. Bandung: PT. Rosda.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Prenada Media Group.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Departermen Pendidikan Nasional.

Semiawan, Conny. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah  Dasar. Jakarta : PT Indeks.

Sudirjo, Encep dan Muhammad Nur alif. 2018. Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gerak manusia. Sumedang: UPI Press.

Sujiono, Bambang, dkk. 2014. Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sumantri, MS. 2005.  Model  Pengembangan  Keterampilan  Motorik  Anak     Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Wiyani, Ardy, dkk. 2012. Format PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.  


PUBLISHED

2018-08-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI