Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Kartu Gambar Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kota Kediri


Author (Penulis)

NANING WIJAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0011

Abstract

Naning Wijayanti : Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Kartu Gambar Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kota Kediri, Skripsi, PGPAUD, FKIP UN PGRI KEDIRI, 2017 Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan dalam pengembangan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Negeri Pembina Kota Kediri, berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan diketahui presentase ketuntasan 47,36%. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui penerapan media kartu gambar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : “apakah penerapan metode bercerita menggunakan media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Kota Kediri?” Penelitian tindakan ini menggunakan model Kemmis & Teggart terdiri dari tiga siklus,dengan subjek penelitian yaitu anak kelompok B TK Negeri Pembina Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus terdiri dari 4 komponen. Instrumen penilaian ini menggunakan pedoman tanya jawab dan observasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yaitu untuk membandingkan ketuntasan belajar antara tindakan siklus I, siklus II dan siklus III. Penilaian kemampuan berbicara anak meningkat setelah diadakannya tindakan sampai dengan siklus 3 dengan rincian siklus I nilai ketuntasan yaitu sebesar 63,15%, pada siklus II dengan hasil 68,42%, dan tindakan siklus III mencapai hasil ketuntasan 94,73%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa hipotesis dinyatakan diterima. Saran untuk guru TK untuk menerapkan metode bercerita menggunakan media kartu gambar untuk mengembangkan kemampuan berbicara dengan kualitas kartu gambar yang lebih baik. KATA KUNCI : kemampuan berbicara, metode bercerita, media kartu gambar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI