MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-5 MELALUI MEDIA CORONG HITUNG PADA ANAK KELOMPOK USIA 3-4 TAHUN KB \'AISYIYAH MADANI KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0009

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di KB ‘Aisyiyah Madani menunjukkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 pada anak masih rendah. Berdasarkan hasil penilaian ketuntasan belajar hanya mencapai 33,4%. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 pada anak melalui media corong hitung. Rumusan masalah pada penelitian adalah: Apakah penggunaan media corong hitung dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 pada anak kelompok usia 3-4 tahun KB ‘Aisyiyah Madani kecamatan mojoroto kota kediri ? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tidakan Kelas model Kemmis dan Taggart 3 siklus dengan prosedur umum meliputi: 1) Perencanaa, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Teknik penilaian yang digunakan adalah penugasan dan observasi. Adapun subjek penelitian yaitu anak kelompok usia 3-4 Tahun KB ‘Aisyiyah Madani, yang berjumlah 15 anak didik terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Simpulan hasil penelitian ini adalah : kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok usia 3-4 tahun meningkat secara signifikan yaitu 86,6% (memenuhi kriteria ketuntasan minimal, 75%). Berdasarkan analisis data perubahan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media corong hitung dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 anak di KB ‘Aisyiyah Madani. Sebagai saran dari peneliti adalah bagi kepala sekolah, dan guru PAUD hendaknya memfasilitasi dan menggunakan media corong hitung serta media-media lain yang lebih menarik dan kreatif untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak. Kata Kunci: mengenal konsep bilangan 1-5, media corong hitung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI