MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B TK AL HIKMAH BANGSONGAN KECAMATAN KAYEN KIDUL KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
BELLA LUANA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0008
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kemampuan membaca anak kelompok B TK Al Hikmah Bangsongan masih kurang. Berdasarkan hasil penilaian pra tindakan ketuntasan belajar anak mencapai 33%. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca anak melalui penerapan permainan Ular Tangga. Rumusan masalah pada penelitian adalah: Apakah penerapan permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Al Hikmah Bangsongan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri?. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis and Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dengan prosedur umum meliputi: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Al Hikmah Bangsongan yang berjumlah 24 anak didik terdiri dari 14 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Instrumen penilaian yang digunakan adalah pedoman unjuk kerja dan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Simpulan hasil penelitian ini adalah : kemampuan membaca anak meningkat secara signifikan yaitu menjadi 92% (memenuhi kriteria ketuntasan minimal, 75%). Berdasarkan analisis data perubahan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Al Hikmah Bangsongan. Sebagai saran dari peneliti adalah bagi kepala sekolah dan guru TK hendaknya menyediakan dan menggunakan media ular tangga sebagai alternatif kegiatan untuk
meningkatkan kemampuan membaca anak.
KATA KUNCI : membaca, permainan ular tangga