MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK B PAUD PKK BAKALAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

MUHAMMAD ILHAM SUBEKTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0006

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di PAUD PKK Bakalan Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri menunjukkan kemampuan membaca masih rendah. Bedarsarkan hasil pra tindakan yang menujukkan presentasi ketuntasan belajar mencapai 20% sehingga belum mecapai kriteria ketuntasan minimal, yaitu 75%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemmpuan membaca melalui kartu kata. Rumusan masalah pada penelitan ini adalah “Apakah dengan pengunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B PAUD PKK Bakalan Kecamatan Grogol Kabupaten kediri?” Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) Model Kemmis dan Taggart dengan subyek penelitian anak kelompok B PAUD PKK Bakalan Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri dan dilaksanakan dalam 3 siklus, di mana setiap siklus meliputi 4 tahapan: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Tehnik pengumpulan data kemampuan membaca yaitu melalui teknik unjuk kerja dan tehnik observasi untuk kemampuan guru dalam proses pembelajaran. Pengujian hipotensis dengan mengunakan tehnik diskriptif kuatitatif dengan membadingkan ketuntasan kemampuan anak sebelum dilakukan tindakan dan sesudah dilakukan tindakan. kriteria ketuntasan belajar yang dipakai adalah 75%. Hasil penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca mengunakan media kartu kata meningkat yaitu 80% (melebihi kriteria ketuntasan minimal 75%) bedasarkan anilisis data perubahan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahhwa kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B PAUD PKK Bakalan Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Bedasarkan kesimpulan dapat di tarik saran sebagai berikut: bagi pendidik dapat mengembangkan dengan diperbarui media yang dipakai lebih baik lagi agar hasil yang diperoleh juga dapat lebih maksimal dan bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini lebih lanjut dengan memperbarui media yang dipakai lebih baik lagi agar hasil yang diperoleh juga dapat lebih maksimal lagi. KATA KUNCI : membaca, kartu kata.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI