MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA PETA PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA VII PURWOKERTO KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

SATRIA WATINING TIYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0001

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi belum berkembangnya kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia VII Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil penilaian pada kelompok B yaitu usia 5-6 tahun, diperoleh data tentang kemampuan membaca pada anak dari 15 anak baru 40% yang mampu membaca secara lancar. Anak yang mendapatkan bintang satu ada dua anak, mendapat bintang dua ada tujuh anak, mendapat bintang tiga ada empat anak, dan mendapat bintang empat ada dua anak. Sehingga ketuntasan belajar belum mampu mencapai kriteria ketuntasan yang di tentukan yaitu 75%. Permasalahan tersebut akan dipecahkan dengan penggunaan media PETA. Selanjutnya dirumuskan masalah yaitu “Apakah penggunakan media PETA dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B TK Kusuma Mulia VII Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017?”. Pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan kepala sekolah. Data tentang pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan melalui observasi, sedangkan data tentang kemampuan membaca anak di kumpulkan melalui penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kemampuan membaca anak kelompok B TK Kusuma Mulia VII Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016 / 2017 setelah dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas mampu mencapai kriterian ketuntasan 80%. Artinya upaya guru dalam memecahkan masalah belum berkembangnya kemampuan membaca pada anak kelompok B dengan menggunakan media PETA dinyatakan berhasil. Sehingga hipotesis tindakan dinyatakan diterima. Kesimpulan hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan media PETA mampu meningkatkan kemampuan membaca pada anak, oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses pembelajaran yang mendukung motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil dari kesimpulan penelitian selanjutnya ditarik saran yaitu guru TK/RA masih perlu melakukan penelitan terus menerus untuk membuktikan kebenaran dari penggunaan, penerapan atau menciptakan media PETA yang lebih kreatif dan inovatif sesuai dengan karakteristik anak. Kata kunci: Kemampuan Membaca, Media Peta

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI