STUDI KOMPARASI METODE CONCEPT MAPPING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN POSISI BULAN DAN KENAMPAKAN BUMI DARI HARI KE HARI PADA SISWA KELAS IV SDN JABANG I KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DIANA ALFIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0482P

Abstract

STUDI KOMPARASI METODE CONCEPT MAPPING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN POSISI BULAN DAN KENAMPAKAN BUMI DARI HARI KE HARI PADA SISWA KELAS IV SDN JABANG I KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017 Diana Alfiah 13.1.01.10.0482P FKIP - PGSD Dianaalfiah0@gmail.com Prof. Dr. H. Sugiono, M.M dan Dr. Zainal Afandi, S.Pd., M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian dilakukan dilatarbelakangi pengalaman saat PPL di SDN Ngronggo 2, ditemukan bahwa siswa kurang memahami bagaimana fase-fase bulan bisa terjadi . Hal ini disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran yang konvensional. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode concept mapping terhadap kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari pada siswa kelas IV SDN Jabang I Kecamatan Kras Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016-2017. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari pada siswa kelas IV SDN Jabang I Kecamatan Kras Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016-2017. (3) Untuk membuktikan perbedaan pengaruh antara metode concept mapping dibanding metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari pada siswa kelas IV SDN Jabang I Kecamatan Kras Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan teknik quasi exsperiment Nonequivalent control group designs dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jabang I Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan metode concept mapping dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan metode eksperimen dengan menggunakan analisis data uji t-tes. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Metode concept mapping berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari pada siswa kelas IV SDN Jabang I Kecamatan Kras Kabupaten Kediri, hal ini terbukti dari hasil t hitung (14,406) > t tabel 1% (2,861), dengan ketuntasan klasikal 76%; (2) Metode eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari pada siswa IV SDN Jabang I Kecamatan Kabupaten Kediri, hal ini terbukti dari hasil t hitung (10,214) > t tabel 1% (2,861), dengan ketuntasan klasikal 34,5%; (3) Ada perbedaan pengaruh antara metode concept mapping dibanding metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari pada siswa kelas IV SDN Jabang I Kecamatan Kras Kabupaten Kediri dengan keunggulan pada metode concept mapping. Hal ini terbukti dari hasil t hitung (2,908) > t tabel 5% (2,040), dengan keunggulan pada metode concept mapping yang terbukti dari nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok control (81,25>73,5). Kata Kunci : metode concept mapping, metode eksperimen, mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari

Keyword

METODE CONCEPT MAPPING

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade