Artikel Skripsi
Universitas Nusantara PGRI Kediri
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENERAPKAN KONSEP PERPINDAHAN KALOR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS V SDN I MOYOKETEN KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Tuti Alawia
13.1.01.10.0478
FKIP – Pendidikan Guru Sekolah Dasar
tutialawia287@gmail.com
Dra. Endang Sri Mujiwati, M.Pd. dan Abdul Aziz Hunaifi S.S., M.A.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Tuti Alawia. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Terhadap Kemampuan Menerapkan Konsep Perpindahan Kalor Dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa Kelas V SDN I Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi bahwa siswa kelas V SDN I Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung kurang mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengantisipasi masalah tersebut , diperlukan model pembelajaran kooperatif, dalam hal ini Problem Based Learning.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari sebelum menggunakan model pembelajaran problem bassed learning pada siswa kelas V SDN I Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019?. 2) Bagaimana kemampuan menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari sesudah menggunakan model pembelajaran problem bassed learning pada siswa kelas V SDN I Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019?. 3) Adakah pengaruh model pembelajaran problem bassed learning terhadap kemampuan menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari pada siswa kelas V SDN I Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019 ?
Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain penelitian One group Pre-test and Post-test desaign. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Moyoketen dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan bentuk instrument berupa tes dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mencari rata-rata dan statistik uji t.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Kemampuan menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari sebelum menggunakan model Problem Bassed Learning pada siswa kelas V SDN I Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019 < KKM 75 yaitu dengan nilai 60,14. 2) Kemampuan menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari sesudah menggunakan model Problem Bassed Learning pada siswa kelas V SDN I Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019 > KKM 75 yaitu dengan nilai 77,19. 3) Ada pengaruh yang signifikan menggunakan model Problem Bassed Learning terhadap kemampuan menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari pada siswa kelas V SDN I Moyoketen Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan nilai t hitung (12,076) > t tabel 5% (2,528) dengan df 20.
KATA KUNCI : Problem Based Learning, Menerapkan Konsep Perpindahan Kalor Dalam Kehidupan Sehari-Hari.
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Mikrajuddin. 2016. Fisika Dasar I. Kampus Ganesa.
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung. Rosdakarya.
Amir, M. Taufiq. 2016. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta : Kencana.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aris, Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standart Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
E. Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Hidayat, Taufiq. 2009. Seri Sains Energi.Semarang : PT Bengawan Ilmu.
Isjoni. 2016. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. 2012. Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Bassed Learning).
Mulyaningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nurachmandani, Setya. 2009. Fisika I: untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
P., Nurbaity E. 2018. Aku Suka Sains. Sidoarjo: Media Preastasi.
Pramanasari, N.E. 2017. Mengenal Energi Di Sekitar Kita. Sidoarjo: Media Preastasi.
Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor:Galia Indonesia.
Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Rajawali Pers.
Samatowa, Usman. 2018. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : Indeks.
Setyorini, U, Sukiswo, dan Subali, B. 2011. Penerapan Model Problem Bassed Learning. Semarang : Unnes.
Soekardi, Chandrasa. 2019. Teknik Perpindahan Energi Panas Penerapan pada Sistem Termal Instalasi Industri. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sudjana, Nana. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumitro, Auliah, dkk. 2017. Jurnal Pendidikan. Teori, Penerapan, dan Pengembangan, vol. 2, no. 9, Bln September, Hal.1188-1195
Taniredja, Tukiran., Faridli, Miftah., Harmianto, Sri. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta.
Widiasmoro, Erwin. 2018. Strategi Pembelajaran Edu Tainment berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Wulandari, Eni dkk. 2012. Penerapan Model PBL (problem Bassed Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa KelasV SD. Jurnal: FKIP-Universitas Sebelas Maret.