PENINGKATAN KEMAMPUAN MELENGKAPI CERITA RUMPANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN 5 NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

HESTI AGUS EKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0472

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi pada siswa kelas IV SDN 5 Ngunut menunjukkan bahwa, kesulitan menentukan kata atau kalimat yang tepat untuk mengisi bagian cerita yang kosong pada materi melengkapi cerita rumpang. Hal ini dibuktikan dari hasil ulangan harian hanya 40% siswa yang mencapai KKM. Hal ini disebabkan guru hanya menggunakan metode ceramah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengetahui masalah pada materi melengkapi cerita rumpang yaitu model picture and picture. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan melengkapi cerita rumpang dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siklus 1 siswa kelas IV SDN 5 Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? 2) Bagaimana kemampuan melengkapi cerita rumpang dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siklus 2 siswa kelas IV SDN 5 Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? 3) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis cerita rumpang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 5 Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdapat dalam Yuliawati, Fitri dkk (2012: 24) mencakup 2 siklus. Kedua siklus ini dengan tahapan: rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini siswa kelas IV SDN 5 Ngunut sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket dengan teknik penilaian hasil karya. Teknik analisis ini adalah deskriptif kuantitatif berupa nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal ? 75 tidak tuntas dan ? 75 tuntas. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: 1) Kemampuan melengkapi cerita rumpang dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siklus 1 siswa kelas IV SDN 5 Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017, kurang maksimal. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas sebesar 71,67 dari jumlah siswa 30, hanya 13 siswa yang berhasil mencapai KKM sedangkan 17 siswa belum mencapai KKM, sehingga persentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 43,33%. 2) Kemampuan melengkapi cerita rumpang dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siklus 2 siswa kelas IV SDN 5 Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017, sudah maksimal. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas sebesar 85, dari jumlah 30 siswa, 27 siswa yang sudah mencapai KKM, sedangkan 3 siswa yang belum mencapai KKM, dengan persentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 90%. 3) Ada peningkatan kemampuan menulis cerita rumpang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 5 Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017, meningkat. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pada siklus I dari 71,67 (Belum Tuntas) menjadi 85 (Tuntas) pada siklus II Kata Kunci: Kemampuan Melengkapi Cerita Rumpang, Model Picture and Picture.

Keyword

Kemampuan Melengkapi Cerita Rumpang, Model Picture and Picture

Reference

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Sadiman, Arief S. dkk. 2014. Media Pendidikan, Pengertian, Pen-gembangan, dan Peman-faatannya. Jakarta: Rajawali Press. Yuliawati, Fitri, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas untuk Tenaga Pendidik Profesional. Yogya-karta: PT Pustaka Insan Madani.

PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade