Studi Komparasi Metode Inkuiri dibanding Metode Ekspositori Terhadap Kemampuan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Makanannya Pada Siswa Kelas IV SDN 9 Ngunut Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019


Author (Penulis)

EVI WIJAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0471

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan, bahwa dalam proses pembelajaran IPA yang dilakukan di SDN 9 Ngunut, masih banyak siswa belum diaktifkan dalam pembelajaran untuk memecahkan masalah pelajaran yang dipelajari, siswa menerima sumber belajar hanya dari guru dan buku tetapi belum mengembangkan keterampilan proses, sehingga aktivitas siswapun belum maksimal. Hal demikian ini, membuat kualitas pembelajaran IPA kurang maksimal, ditunjukkan dengan hasil belajar yang rendah yaitu dari 20 siswa kelas IV hanya 6 siswa yang mendapat nilai di atas KKM 75 atau tuntas, sedangkan 14 siswa nilainya dibawah KKM 75. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan makanannya pada siswa kelas IV SDN 9 Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode ekspositori terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan makanannya pada siswa kelas IV SDN 9 Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode inkuiri dibanding metode ekspositori terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan makanannya pada siswa kelas IV SDN 9 Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan menggunakan kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimen dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Desaign. Subyek penelitian siswa kelas IV SDN 9 Ngunut Tulungagung terdiri dari 20 siswa pada kelas IV-A (kelompok eksperimen) dan 20 siswa kelas IV-B (kelompok kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode inkuiri berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan makanannya pada siswa kelas IV SDN 9 Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2018/2019 dengan ketuntasan klasikal 93%. Hal ini terbukti dari nilai sig. 0,000 < 0,5. (2) Penggunaan metode ekspositori berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan makanannya pada siswa kelas IV SDN 9 Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2018/2019 dengan ketuntasan klasikal 69%. Hal ini terbukti dari nilai sig. = 0,000 < 0,5. (3) Ada perbedaan pengaruh metode inkuiri dibandingkan metode ekspositori terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan makanannya pada siswa kelas IV SDN 9 Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2018/2019, dengan keunggulan pada penggunaan metode inkuiri. Hal ini terbukti dari nilai sig. 0,000 <0,5 dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 86,15 > dibanding nilai posttest kelompok kontrol 73,80 Kata Kunci: metode demonstrasi, metode ceramah, hasil belajar IPA

Keyword

a

Reference

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta. Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara. Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasiona

PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI