PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SDN MOYOKETEN 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
ENI WAHYU INDAH SETIOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0470
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi pada siswa kelas III SDN 1 Moyoketen Tulungagung menunjukkan bahwa, pada materi menulis karangan sederhana masih rendah. Hal ini dibuktikan, dari hasil ulangan harian hanya 40% siswa yang mencapai KKM. Hal ini disebabkan guru kurang mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan pada materi menulis karangan sederhana yaitu model picture and picture.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kemampuan menulis karangan sederhana dengan menggunakan model picture and picture pada siklus 1 siswa kelas III SDN 1 Moyoketen, Tulungangung? 2) Bagaimanakah kemampuan menulis karangan sederhana dengan menggunakan model picture and picture pada siklus 2 siswa kelas III SDN 1 Moyoketen, Tulungangung? 3 Apakah penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN 1 Moyoketen, Tulungangung?
Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) Model Kemmis dan Taggart (dalam Wiratmaja, 2015:66), mencakup 2 siklus. Kedua siklus ini dengan tahapan: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini siswa kelas III SDN 1 Moyoketen sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket dengan teknik penilaian hasil karya berjumlah 5 tugas. Teknik analisis ini adalah deskriptif kuantitatif berupa nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal ? 75 tidak tuntas dan ? 75 tuntas.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN 1 Moyoketen pada siklus I, belum mencapai KKM. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas sebesar 56,8, dari jumlah 31 siswa, hanya 3 siswa yang berhasil mencapai KKM sedangkan 28 siswa belum mencapai KKM, sehingga persentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 9,7%. 2) Kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN 1 Moyoketen pada siklus II, sudah mencapai KKM. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas sebesar 82,9, dari jumlah 31 siswa, 26 siswa yang sudah mencapai KKM, sedangkan 5 siswa yang belum mencapai KKM, dengan prosentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 83,9%. 3) Penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN 1 Moyoketen, sudah mencapai KKM. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pada siklus I dari 56,8 (Belum Tuntas) menjadi 82,9 (Tuntas) pada siklus II.
Kata kunci: Kemampuan Menulis Karangan Sederhana, Model Picture and Picture
Keyword
Kemampuan Menulis Karangan Sederhana, Model Picture and Picture.
Reference
Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Surabaya: Kata Pena.
Wiratmaja, Rochiati. 2015. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya