PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS INFORMASI YANG DISAMPAIKAN PAPARAN IKLAN DARI MEDIA CETAK PADA SISWA KELAS V SDN TANJUNGANOM 1 KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

ASTRIA DILI VIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0468

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi di SDN Tanjunganom 1 yang menunjukkan bahwa, kemampuan menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak pada siswa kelas V masih rendah. Buktinya dari hasil ulangan harian materi informasi paparan iklan hanya 35% siswa yang mencapai nilai KKM. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah penerapan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif yaitu model CIRC. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kemampuan menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak sebelum menggunakan model CIRC pada siswa kelas V SDN Tanjunganom 1 Kabupaten Nganjuk?. 2) Bagaimanakah kemampuan menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak sesudah menggunakan model pembelajaran CIRC pada siswa kelas V SDN Tanjunganom 1 Kabupaten Nganjuk?. 3) Adakah pengaruh model CIRC terhadap menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak pada siswa kelas V SDN Tanjunganom 1 Kabupaten Nganjuk?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen desain One Group Pretest and Posttest Desaign. Subyek penelitian ini siswa kelas V SDN Tanjunganom 1 dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan bentuk instrument berupa soal isian berjumlah 2 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik mencari nilai rata-rata dan statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dibahas pada bab IV dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak sebelum menggunakan model CIRC pada siswa kelas V SDN Tanjunganom 1 Kabupaten Nganjuk nilai rata-rata kurang dari KKM 75, dengan nilai rata-rata kelas 64.26. 2) Kemampuan menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak sesudah menggunakan model CIRC pada siswa kelas V SDN Tanjunganom 1 Kabupaten Nganjuk nilai rata-rata lebih dari KKM 75, dengan nilai rata-rata kelas 81.45. 3) Ada pengaruh model CIRC terhadap kemampuan menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak pada siswa kelas V SDN Tanjunganom 1 Kabupaten Nganjuk. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis menunjukan adanya pengaruh signifikan pada taraf 5%, diperoleh thitung> ttabel yaitu 17,942 > 2.032. Kata kunci: Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Menganalisis Informasi yang Disampaikan Paparan Iklan dari Media Cetak.

Keyword

a

Reference

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standart Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen. Mulyaningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

PUBLISHED

2019-07-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI