PENGARUH STRATEGI BELAJAR PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN KALIMAT UTAMA PADA TIAP PARAGRAF MELALUI MEMBACA INTENSIF PADA SISWA KELAS IV DI SDN CERME 2 KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

AHMAD AFIF FITROHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0467

Abstract

ABSTRAK

 

AHMAD AFIF FITROHA: Pengaruh Strategi Belajar Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Utama Pada Tiap Paragraf Melalui Membaca Intensif Pada Siswa Kelas IV di SDN Cerme 2 Kec. Grogol Kab. Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan, bahwa kemampuan menemukan kalimat utama siswa kelas IV SDN Cerme 2 masih rendah. Buktinya dari hasil ulangan 62,5% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Hal ini disebabkan guru masih melaksanakan pembelajaran menggunakan metode konvensional yang hanya berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif, siswa menjadi jenuh dan bosan, sehingga siswa kurang konsentrasi mengikuti proses pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam meningkatkan kemampuan siswa adalah strategi belajar PQ4R.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif dengan strategi belajar PQ4R siswa kelas IV di SDN Cerme 2 Kec. Grogol Kab. Kediri ?. 2) Bagaimana kemampuan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif dengan strategi DRTA siswa kelas IV di SDN Cerme 2 Kec. Grogol Kab. Kediri ?. 3) Adakah pengaruh strategi belajar PQ4R terhadap kemampuan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui .membaca intensif  siswa kelas IV di SDN Cerme 2 Kec. Grogol Kab. Kediri ?.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Posttest-Only Control Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV a dan kelas IV b SDN Cerme 2 Kec. Grogol Kab. Kediri dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan bentuk instrumen berupa soal isian berjumlah 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik berupa nilai rata-rata dan uji independent sample t tes.

Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Siswa kelas IV di SDN Cerme 2 Kec. Grogol Kab. Kediri mampu menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif dengan strategi belajar PQ4R Hal ini dibuktikan dari 20 siswa diperoleh nilai rata-rata >75 yaitu 88. (2) Siswa kelas IV di SDN Cerme 2 Kec. Grogol Kab. Kediri mampu menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif dengan strategi belajar DRTA. Hal ini dibuktikan dari 20 siswa diperoleh nilai rata-rata >75 yaitu 77. (3) Ada pengaruh strategi belajar PQ4R terhadap kemampuan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif pada siswa kelas IV di SDN Cerme 2 Kec. Grogol Kab. Kediri. Hal ini dibuktikan dengan t hitung  > t tabel, yaitu  3.955 > 2.428

 

Kata Kunci: PQ4R, Kalimat Utama, Membaca Intensif.


Keyword

PQ4R, KALIMAT UTAMA, MEMBACA INTENSIF.

Reference

Arikunto, suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

BNSP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:

Puspitasari, R.P. 2003. Strategi-strategi Belajar. Jakarta : Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.


PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade