PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DIDUKUNG REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN TANJUNGKALANG V KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

RINA WATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0464

Abstract

Berdasarkan dari hasil observasi yang dilakukan, pada Siswa Kelas IV SDN Tanjungkalang V Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran Matematika materi pecahan. Hal ini disebabkan karena selama pembelajaran berlangsung, siswa cenderung tidak aktif dan kurang ada timbal balik dari siswa. Terlihat bahwa perhatian siswa terhadap pembelajaran masih kurang. Hal ini terbukti dari nilai UTS yang diperoleh siswa dalam mata pelajaran Matematika yang rendah dan mayoritas 60% nilai di bawah KKM. Sebagai upaya keaktifan belajar siswa saat pembelajaran Matematika,  diperlukan pemilihan dan penerapan  model pembelajaran  yang  tepat,  yang disesuaikan dengan tujuan dan karakteristik mata pelajaran serta kondisi siswa, sehingga permasalahan yang terjadi di SDN Tanjungkalang V disarankan untuk diselesaikan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Non Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IVA dan kelas IVB SDN Tanjungkalang V Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes. Data-data yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. (1) Penggunaan model pembelajaran Numbered Head  Together (NHT) didukung media realia berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan siswa kelas IV SDN Tanjungkalang V Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk dengan tingkat ketuntasan klasikal 93,33%. Hal ini terbukti dengan tingginya th 14,494 > tt 1% 2,074. (2) Penggunaan model pembelajaran Numbered Head  Together (NHT) tanpa didukung media realia berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan siswa kelas IV SDN Tanjungkalang V  Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk dengan tingkat ketuntasan klasikal 43,16%. Hal ini terbukti dengan tingginya th 8,319 > tt 1%  2,080. (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model pembelajaran Numbered Head  Together (NHT) didukung media realia dibanding model pembelajaran Numbered Head  Together (NHT) tanpa didukung media realia terhadap kemampuan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan siswa kelas IV SDN Tanjungkalang V  Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Hal ini terbukti dengan tingginya th 6,796 > tt 1% 2,017 dan dari hasil perbandingan mean kelompok eksperimen 86,57 > mean kelompok kontrol 72,74.

 

Kata Kunci  :  Model NHT, Kemampuan Menyelesaikan Masalah Pecahan


Keyword

Model NHT, Kemampuan Menyelesaikan Masalah Pecahan

Reference

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

 

 

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas Implementasi Dan Pengembangannya. Yogjakarta: Bumi Aksara.

 

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (Online), tersedia: http://www.jdih.bpk.go.id.,diunduh 25 Januari 2018.


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade