PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASI HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN SAMBIROBYONG KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

DWI RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0460

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa di SDN Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, proses pembelajaran di SD pada umumnya masih tradisional yaitu dengan menggunakan ceramah dan penugasan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil tes evaluasi siswa yang rendah dan banyak yang berada di bawah KKM yaitu dari 17 siswa yang mencapai KKM hanya 7 siswa (41%). Permasalahan ini diduga akibat guru tidak menerapkan pola pembelajaran yang inovatif yang memungkinkan untuk mengaktifkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran snowball throwing didukung media gambar dibanding model pembelajaran snowball throwing tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mengklasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimen pretest-posttest control group design. Subjek yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi (100%) yaitu 50 siswa. Sampel diambil secara random. Peneliti menentukan bahwa kelas IV SDN I Sambirobyong sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelas IV SDN II Sambirobyong sebagai kelas kontrol sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran snowball throwing didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengklasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, dengan ketuntasan klasikal mencapai 87%. (2) Penggunaan model pembelajaran snowball throwing tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mengklasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, dengan ketuntasan klasikal mencapai 72%. (3) Ada pengaruh antara model pembelajaran snowball throwing didukung media gambar dibanding model pembelajaran snowball throwing tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mengklasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung dengan keunggulan pada pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing didukung media gambar. Hal ini terbukti dari nilai sig. 0,000 < 0,05 dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata kelompok eksperimen 83,56 > dibanding nilai posttest kelompok kontrol 73,96. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran snowball throwing didukung media gambar dibanding model pembelajaran snowball throwing tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mengklasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Sambirobyong Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung dengan keunggulan pada pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing didukung media gambar. Kata kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Mengklasifikasi Hewan berdasarkan Jenis Makanannya

Keyword

MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING, MEDIA GAMBAR, PRESTASI BELAJAR

Reference


PUBLISHED

2018-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade