ABSTRAK
Minah Sri Pamuji: Pengaruh model pembelajaran Non-directive didukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SD Ar Rahman Desa Nglawak Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun 2017 /2018, Program Studi S-1 PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2018.
Kata kunci: Model pembelajaran Non-directive; media realia; kemampuan mendeskripsikan perubahan wujud benda
Berdasarkan dari hasil observasi yang dilakukan kenyataan kondisi pembelajaran IPA di SD Ar Rahman Desa Nglawak Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk masih banyak di bawah nilai KKM. Hal ini terlihat dari hampir 55% siswa mendapat nilai dibawah KKM sedangkan 45% siswa lainnya mendapat nilai diatas KKM. Faktor penyebab diduga guru lebih menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru, guru hanya berceramah dalam menyampaikan materi sehinngga siswa kurang mampu memahami apa yang disampaikan oleh guru dan siswa merasa jenuh dan bosan. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi perubahan wujud benda diperlukan model dan media pembelajaran yang tepat (model pembelajaran Non-directive didukung media realia), sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan hasil belajar yang maksimal.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Postes Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IVA dan IV B SD Ar Rahman Kertosono. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes. Data-data yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. (1) Penggunaan model pembelajaran Non-directive didukung media Realia berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan wujud benda siswa kelas IV SD Ar Rahman Desa Nglawak Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk dengan tingkat ketuntasan klasikal 82,17%. Hal ini terbukti dengan tingginya th 9,750 > tt 1% 2,074. (2) Penggunaan model pembelajaran Non-directive tanpa didukung media Realia berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan wujud benda siswa kelas IV SD AR Rahman Desa Nglawak Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk dengan tingkat ketuntasan klasikal 53,86%. Hal ini terbukti dengan tingginya th 5,307> tt 1% 2,080 (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model pembelajaran Non-directive didukung media Realia dibanding model pembelajaran Non-directive tanpa didukung media Realia terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan wujud benda siswa kelas IV SD Ar Rahman Desa Nglawak Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk, dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran Non-directive dengan didukung media Realia. Hal ini terbukti dengan tingginya th 2,912 > tt 1% 2,017 dan dari hasil perbandingan mean kelompok eksperimen 84,26 > mean kelompok kontrol 76,09
Angkowo, Robertus. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran, Jakarta: PT Grasindo
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara