Berdasarkan dari hasil observasi yang dilakukan di kelas III SD Plus Al-Hikmah diketahui bahwa pada proses pembelajaran masih menggunakan metode lama yaitu metode ceramah yang belum didukung media atau model pembelajaran yang lebih inovatif. Sehingga siswa tidak tertarik dengan materi yang disampaikan, serta kondisi siswa pun masih belum sesuai harapan. Mereka kurang aktif, cenderung aktif bermain dan berkeliling dalam kegiatan pembelajaran sehingga tidak memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya. Oleh karena itulah hasil belajar siswa menurun dan belum mencapai KKM (nilai 75). Hal ini terbuktidari hasil ulangan harian hanya 34% siswa yang mencapai KKM sedangkan 66% belum mencapai KKM. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis dialog antara dua tokoh diperlukan model pembelajaran yang tepat (model Picture and Picture) agar siswa lebih tertarik, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan hasil belajar yang maksimal.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik Quasi eksperimen dengan desain Pretest and Posttest Group. Penelitian dilakukan pada satu kelas yaitu Kelas III SD Plus Al-Hikmah Purwoasri Kec. Purwoasri Kab. Kediri. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes. Data-data yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. (1) kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat pada siswa kelas III SD Plus Al-Hikmah Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri sebelum menggunakan model Picture and Picture berhasil mencapai KKM dengan ketuntasan klasikal 27.8%. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata 66.2 < KKM yang ditetapkan yaitu 75. (2) kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat pada siswa kelas III SD Plus Al-Hikmah Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri sesudah menggunakan model Picture and Picture berhasil mencapai KKM dengan ketuntasan klasikal 80.7%. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata 82.2 > KKM yang ditetapkan yaitu 75. (3) penggunaan model Picture and Picture berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat pada siswa kelas III SD Plus Al-Hikmah Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Hal ini terbukti dengan nilai th 10.294 > tt 1% 2,056.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidian Nasi onal, Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (online), tersedia:http://www.jdih.bpk.go.id, diunduh 25 Januari 2019.
Undang-Undang RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (online), tersedia:http://www.Sindikker.dikti. go.id,diunduh 26 Januari 2019.