PENGARUH MODEL STAD DIDUKUNG MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN MAKANAN DAN KESEHATAN SISWA KELAS V SDN SAMBIREJO 2 KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

LILIK WIDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0444

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pada pembelajaran materi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan siswa kelas V SDN Sambirejo 2 kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk,menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan  masih rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut, 1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan dengan model STAD didukung media Audiovisual pada siswa kelas V SDN Sambirejo 2 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk; 2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatandengan model STAD tanpa media Audiovisual siswa kelas V SDN Sambirejo 2 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk;dan 3)Adakah pengaruh model STAD didukung media Audiovisual terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan siswa kelas V SDN Sambirejo 2 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk.

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Posttest Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dengan bentuk instrumen soal uraian selanjutnya dianalisis menggunakan t-test paired sample.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1). Siswa kelas V SDN Sambirejo 2 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk mampu megidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan dengan model STAD didukung media Audiovisual. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 85,47 di atas KKM 75, 2). Siswa kelas V SDN Sambirejo 2 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk belum mampu megidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan dengan model STAD didukung media Audiovisual. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata – rata 76,67 kurang dari KKM 75; dan (3) Ada pengaruh yang signifikan model STAD didukung media audiovisualterhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia  dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan pada siswa kelas  V SDN Sambirejo 2 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk dibuktikan nilai th ( 2,817) ≥tt (2,042)


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.     Jakarta: PT. Rineka Cipta.

 

Primasatya, N. & Ahdianto, E. 2017. Pengembangan Modul Geometri Berbasis Teori Berfikir Van Hiele Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Universitas Hasyim Asy’ari, 2 (2): 225-231.

 

Shoimimn, Aris. 2014. 68ModelPem-belajaranInovatifdalamKurikulum 2013. Yogyakarata . Ar-Ruzz Media

 

Sugiyono.2011.MetodePenelitian Pendidikan:PendekatanKuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETTA.

 

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis-tik.Jakarta:PrestasiPustaka

 

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajara. Yogyakarta: Kata Pena

 

Zain, Aswan danSyaifulBahriDjamarah. 2010. StrategiBelajarMengajar.Jakarta :RinekaCipta


PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade