Abstrak
Novia Nurusshobah: Pengaruh Metode Pembelajaran Syndicate Group Didukung Media 3D Replika Jantung Buatan Terhadap Kemampuan Mengidenfitikasi Organ Peredaran Darah Manusia Pada Siswa Kelas V SDN Sekarputih Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI, 2018.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang terjadi pada proses belajar mengajar, khusunya pada mata pelajaran IPA. Pada pembelajaran IPA masih terlihat guru hanya menerangkan materi tanpa menggunakan media sebagai pendukungnya. Akibatnya pembelajaran menjadi membosankan. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai yang diperoleh siswa pada materi IPA khusunya organ peredaran darah manusia masih terlihat rendah yaitu masih di bawah nilai KKM.
Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia tanpa menggunakan metode pembelajaran syndicate group didukung media 3D replika jantung buatan pada siswa kelas V SDN Sekarputih Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017-2018? (2) bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia dengan menggunakan metode pembelajaran syndicate group didukung media 3D replika jantung buatan pada siswa kelas V SDN Sekarputih Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017-2018? (3) adakah pengaruh metode pembelajaran syndicate group didukung media 3D replika jantung buatan terhadap kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia pada siswa kelas V SDN Sekarputih Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017-2018?
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia tanpa menggunakan metode pembelajaran syndicate group didukung media 3D replika jantung buatan masih dibawah KKM, hal ini dibuktikan dengan nilai rata – rata siswa yaitu 69,58. (2) kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia dengan menggunakan metode pembelajaran syndicate group didukung media 3D replika jantung buatan sudah meningkat, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata – rata siswa sudah di atas KKM yaitu 73,75. (3) ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode pembelajaran syndicate group didukung media 3D replika jantung buatan dan tanpa menggunakan metode pembelajaran syndicate group didukung media 3D replika jantung buatan terhadap kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia pada siswa kelas V SDN Sekarputih Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/ 2018 hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisa dengan menggunakan taraf signifikan 5% diperoleh t-hitung 9,113, df 15, dan sig (2-tailed) 0,000. Karena t-hitung=sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci : metode syndicate group, media 3D, kemampuan, organ peredaran darah
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Ed Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
BSNP. 2006. Permendiknas RI No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar-dasar dan Menengah. Jakarta
(Depdiknas Ditjen. 2006. Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pusat Pengembangan Penataran Guru: Malang)
(Depdiknas Ditjen Manajemen Dikdasmen Ditjen Pembinaan TK dan SD,2007:13-14) Kurikulum Mata Pelajaran IPA SD/ MI (online) tersedia: http://IPA.blogspot.com.Diaskes diunduh tanggal 3 Desember 2017 jam 09.35
Fatmaryanti, Siska Desi. 2014. Penerapan Lembar Diskusi Siswa (LDS) dengan Metode Syndicate Group untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Afektif IPA Siswa Kelas VII di SMP Nageri 6 Kebumen Tahun Ajaran 2014/ 2015 (online) tersedia: https://www.google.co.id/search?q=jurnal+penerapan+lembar+diskusi+dengan+metode+syndicate+group+fatmaryanti&oq=chrome. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Diunduh tanggal 14 November 2017 jam 10.15
Fitriyani. 2015. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Syndicate Group Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/ 2016 (online) tersedia : http://www.google.co.id/search?q=pengaruh+penerapan+metode+pembelajaran+syndicate+group+fitriyani&aqs=chrome. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Diunduh tanggah 14 November jam 10.35
Haryanto. 2014. Sains untuk SD/ MI Kelas V. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama
Huda, Miftahul.2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Laila,Alfi dan Saharai,Sutrisno. (2016). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran.Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara(online).Vol 1.No. 2. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/213/138. diakses 17 Juli 2018
Lidyawati, Reki.2012. Penggunaan Media Pembelajaran 3D untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN Alas Tengah 1 Situbondo Tahun Ajaran 2012/ 2013 (online) tersedia: https://www.google.co.id/search?client=ms-android-oppo&ei=ki1OW6uuGtCHoATq6-WAQ&q=jurnal+penggunaan+media+pembelajaran+3d+lidyawati&oq=&gs_l=mobile-gws-wiz-serp.jurnal.unars.ac.id diunduh tanggal 14 November 2017 jam 10.00
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung . PT. Remaja Rosdakarya
Moejiono, dkk. 1992. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Pendidikan
Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta:Direktorat Pendidikan Nasional
2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks Permata Putri Media
2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks Permata Putri Media
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses/ Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
2013. Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru Algensindo
Sudjana, Nana dan Ahmad, Rivai. 2013. Media Pengajaran.Bandung:Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
2015. Metodelogi Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:ALFABETA
Surakhmad, Winarno. 2009. Pendidikan Nasional, Strategi dan Tragedi. Jakarta: Kompas Surakhmad, Winarno. 2009. Pendidikan Nasional, Strategi dan Tragedi. Jakarta: Kompas
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sutrisno. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:Bata Yogyakarta.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta:Bumi Aksara.