PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS 3 SDN BURENGAN KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

RIZKINANDA YUSTYAZIZA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0437

Abstract

ABSTRAK Rizkinanda Yustyaziza. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Pada Siswa Kelas 3 SDN Burengan Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018 Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay, Media Audio Visual, Kemampuan Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran IPS saat ini pada umumnya lebih didominasi oleh model pembelajaran konvensional, dimana pembelajaran diawali dengan penyampaian materi oleh guru dengan cara ceramah dilanjutkan dengan tanya jawab dan penugasan, sehingga siswa cederung pasif dan menerima apa adanya materi yang diajarkan tanpa berusaha membalas dan memahaminya. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat yaitu Model Pembelajaran Course Review Horay didukung media Audio Visual. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Course Review Horay didukung media Audio Visual berpengaruh terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III semester II SDN Burengan Kota Kediri Tahun pelajaran 2017/2018, 2) Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Course Review Horay tanpa didukung media Audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III semester II SDN Burengan Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, dan 3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay didukung media Audio visual dibanding Model Pembelajaran Course Review Horay tanpa didukung media Audio visual terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III semester II SDN Burengan Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan analisis uji-t menggunakan Paired sample test dan Independent sample test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil postest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1)ada pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay didukung media Audio visual terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas 3 SDN Burengan 3 Kota Kediri, hal ini terbukti dari nilai thitung (11.906) > ttabel (2.750) dengan taraf signifikasi 1%. (2)ada pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay tanpa didukung media Audio visual terhadap kemampuan mengenal jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas 3 SDN Burengan 1 Kota Kediri, hal ini terbukti dari nilai thitung (12.591) > ttabel (2.042) dengan taraf signifikasi 5%. (3) ada perbedaan pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay didukung media Audio visual dibanding Model Pembelajaran Course Review Horay tanpa didukung media Audio visual pada siswa kelas 3 SDN Burengan Kota Kediri, hal ini terbukti dari nilai thitung (5.798) > ttabel (2.000) taraf signifikasi 5%, serta rata-rata hasil belajar yang menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay didukung media Audio visual adalah 82.57, lebih baik dari pada kelas yang diajar dengan Model Pembelajaran Course Review Horay tanpa didukung media Audio visual adalah 71.00.

Keyword

MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade