PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE DIDUKUNG MEDIA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN HASIL PERCOBAAN BAHWA GAYA ( DORONGAN DAN TARIKAN ) DAPAT MENGUBAH GERAK SUATU BENDA KELAS IV SEMESTER II SDN BURENGAN 1 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

MUHAMMAD SUTANSYAH ADO TALAAKH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0436

Abstract

Abstrak Muhammad Sutansyah Ado Talaakh : Pengaruh Model Picture and Picture Didukung Media Konkret Terhadap Kemampuan Menyimpulkan Hasil Percobaan Bahwa Gaya (Dorongan Dan Tarikan) Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda Kelas IV SDN Burengan 1 Kota Kediri, Skripsi, PGSD, UN PGRI Kediri 2017. Penelitian dilakukan dilatarbelakangi pengalaman saat PPL di SDN Burengan 1, ditemukan bahwa pembelajaran yang berlangsung kurang diminati oleh siswa Dengan demikian proses pembelajaran tersebut mengakibatkan siswa menjadi pasif dan kurang memperhatikan materi pelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda tanpa menggunakan model pembelajaran picture and picture dan tanpa didukung media konkret untuk kelompok kontrol. (2 untuk mengetahui kemampuan meyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda menggunakan model pembelajaran picture and picture didukung media konkret untuk kelompok eksperimen. (3) pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture di dukung dengan media konkret kemampuan menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Burengan 1 masih rendah tanpa menggunakan model Picture and Picture didukung media konkret dilihat dari ketuntasan nilai (KKM 70) mendapat nilai rata-rata 65.6818. (2) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Burengan 1 sudah baik setelah menggunakan model Picture and Picture didukung media konkret dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan nilai (KKM 70) rata-rata mendapat nilai 86.1364. (3) Ada perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan menggunakan model Picture and Picture didukung media konkret dengan pembelajaran tanpa menggunakan menggunakan model Picture and Picture didukung media konkret. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisa dengan menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung 11.127, df 42, dan sig (2-tailed) 0,000. Karena t-hitung = sign 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima Kata Kunci : metode Picture and Picture, media konkret, percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI