PENGARUH METODE DEMONSTRASI DIDUKUNG MEDIA DUA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III SDN NGADIREJO 5 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

CANDRA FATWA ARSI FADILLAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0435

Abstract

ABSTRAK Candra Fatwa Arsi Fadillah: “Pengaruh Metode Demonstrasi Didukung Media Dua Dimensi terhadap Kemampuan Menghitung Keliling Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas III SDN Pojok 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017”, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: metode demonstrasi, media dua dimensi, dan kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang Masih banyaknya dalam pembelajaran guru selalu menggunakan metode yang terpusat diguru saja sehingga membuat siswa bosan.Dimana siswa hanya duduk, diam mendengarkan dan mencatat saat belajar mengajar berlangsung. Sehingga siswa kurang memahami maksud maupun konsep dari materi yang mereka dengar dan mereka catat. Tujuan penelitian ini adalah pengaruh yang signifikan penggunaan metode demonstrasi didukung media dua dimensi terhadap kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDN Ngadirejo V Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Ngadirejo 2sebanyak 32 siswa dan siswa kelas III SDN Ngadirejo V sebanyak 32 siswa . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel bebas atau independent sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjangtanpa menggunakan metode demonstrasi didukung media dua dimensi di bawah KKM ( < 70) dengan nilai thitung -0,107< ttabel 1,696. 2) Kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang menggunakan metode demonstrasi didukung media dua dimensi di atas KKM ( >70) dengan nilai thitung7,311> ttabel 1,696. 3) Ada pengaruh metode demonstrasi didukung media dua dimensi terhadap kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDN Ngadirejo 5 Kediri dengan nilai thitung 5,680 > ttabel 1,670. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) Kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang tanpa menggunakan metode demonstrasi tanpa didukung media dua dimensi di bawah KKM ( < 70). 2) Kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang menggunakan metode demonstrasi didukung media dua dimensi di atas KKM ( >70). 3) Ada pengaruh metode demonstrasi didukung media dua dimensi terhadap kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDN Ngadirejo 5 Kediri. Disarankan guru menggunakan metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran untuk menciptakan suasana pembelajaran yang dapat menumbuhkan semangat siswa dalam belajar, dan menjadikan metodedemonstrasi didukung media dua dimensi sebagai alternatif metode pembelajaran bagi guru.

Keyword

Metode Demonstrasi, Media Dua Dimensi, Menghitung Keliling Persegi dan Persegi Panjang

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade