PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CARTOON 3D BERBASIS BLENDER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PERKALIAN BILANGAN KELAS II SDN KALIOMBO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

BINTI NUR ZAKIATUL ARISTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0433

Abstract

Binti Nur Zakiatul Arista: Pengembangan Media Pembelajaran Cartoon 3D Berbasis Blender Pada Pembelajaran Matematika Perkalian Bilangan Kelas II SDN Kaliombo Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran matematika di SD khususnya dalam materi perkalian bilangan sangat minim penggunaan media pembelajaran. Guru menyampaikan materi dengan metode konvensional akibatnya peserta didik merasa jenuh dan kurang tertarik pada pembelajaran. Sehingga nilai rata-rata peserta didik pada mata pelajaran matematika relatif rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Maka dari itu dibutuhkan media pembelajaran yang menunjang dalam penyampaian materi dan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik guna meningkatkan hasil belajar mereka. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pengembangan media pembelajaran kartun 3D berbasis Blender pada mata pelajaran matematika perkalian bilangan Kelas II SDN Kaliombo Kota Kediri? (2) Bagaimanakah kualitas media pembelajaran video kartun 3D berbasis Blender dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya?. Untuk dapat mendeskripsikan data yang ditemukan peneliti dari lapangan maka dari aspek pendekatan metodologi, penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development atau penelitian dan pengembangan. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Kaliombo Kota Kediri. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran video kartun 3D mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik terlihat adanya peningkatan hasil pretest dan posttest yaitu sebesar 10, 625 sehingga program media pembelajaran kartun 3D dapat dikatakan efektif. Sedangkan dilihat dari kepraktisan media pembelajaran video kartun 3D dapat dikatakan praktis terbukti dengan diperoleh data bahwa 87% soal terjawab dengan benar oleh peserta didik. Serta dikatakan valid dan dapat digunakan tanpa revisi karena berdasar hasil validasi gabungan diperoleh skor 89%. (2) Media pembelajaran video kartun 3D dapat mengurangi suasana statis serta menakutkan karena proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Perlunya penggunaan media pembelajaran kartun 3D dalam proses pembelajaran di sekolah sebagai alternatif media pembelajaran untuk mengatasi permasalahan dalam proses belajar. (2) Guru hendaknya membekali dirinya lebih baik lagi dalam memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran. (3) Untuk peneliti selanjutnya, diharapkan lebih meningkatkan kreatifitas dengan menambahkan inovasi baru dalam hal pengembangan media pembelajaran, tidak hanya dalam mata pelajaran matematika namun dalam mata pelajaran lainnya. Kata Kunci: media pembelajaran, kartun 3D, Blender, perkalian bilangan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI