PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN BERGERAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG YANG DIDENGARNYA SISWA KELAS 2 SDI AL HUDA KOTA KEDIRI TAHUN 2017/2018


Author (Penulis)

DINA TRISNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0431

Abstract

ABSTRAK Dina Trisnawati: Pengembangann Media Boneka Tangan Bergerak Untuk Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Dongeng Yang Didengarnya Kelas II SDI AL HUDA Tahun Ajaran 2017/2018 Kata Kunci: Media Boneka Tangan, Menceritakan Kembali Isi Dongeng Yang Didengarnya. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dan pengalaman peneliti di SDI AL HUDA Kota Kediri yang menunjukkan bahwa kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang diperoleh pada siswa kelas II yaitu rata?rata mendapatkan nilai 68 dan tentunya belum sesuai dengan kriteria ketuntasan belajar yang sudah ditentukan sebesar 75. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada materi menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya guru masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa menjadi pasif karena dalam kegiatan pembelajaran kurang bermakna dan siswa tidak mampu menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kevalidan pengembangan media boneka tangan materi menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya siswa kelas II SDI AL-HUDA ? (2)Bagaimana kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya dengan pengembangan media boneka tangan siswa kelas II SDI AL-HUDA ?(3) Apakah pengembangan media boneka tangan mampu meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya siswa kelas II SDI AL-HUDA ? Penelitian ini menggunakan peneletian pengembangan ( R & D ) dengan prosedur Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Validasi pengembangan media boneka tangan ini terdiri dari validasi media dan validasi materi.Sasaran uji coba produk ini adalah siswa kelas IIA dan B SDI AL HUDA Kota Kediri setiap kelas berjumlah 36 siswa.Teknik pengumpulan data berupa tes dan bentuk instrumennya berupa 4 soal tes psikomotor. Teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dan Kuantitatif Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Kevalidan pengembangan media boneka tangan pada materi menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dapat digunakan tanpa perbaikan.(2) Kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya setelah menggunakan media boneka tangan dikatakan efektif karena terbukti meningkatkan kemampuan siswa yang dapat dilihat dari hasil pretes diperoleh nilai rata?rata siswa 81,25 sedangkan pada postes nilai rata?rata 87,83. (3) Peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya dengan pengembangan media boneka tangan kelas II SDI AL HUDA Kota Kediri dapat dilihat dari hasil tes siswa, hasil pretes diperoleh nilai rata?rata siswa81,25 sedangkan pada postes nilai rata?rata 87,83(ada peningkatan sebesar 6.5). Dengan adanya penelitian ini, diharapakan media pembelajaran boneka tangan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran inovatif pada materi menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya pada sekolah dasar.

Keyword

Pengembangan media,boneka tangan,menceritakan,dongeng,siswa kelas 2

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade