PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DIDUKUNG MODEL QUESTION STUDENT HAVE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DIAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS 3 SDIT AL-ISTIQOMAH KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

IKA YUNI ASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0427

Abstract

IKA YUNI ASTUTIK : Pengaruh Metode Problem Solving didukung Model Question Student Have dengan Menggunakan Media Gambar Diagram Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran Kelas 3 SDIT AL-ISTIQOMAH Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Kata kunci: Metode Problem Solving, Model Question Student Have, Media Gambar Diagram, Kemampuan Berhitung Siswa Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran yang dilakukan bersifat konvensional. Siswa selama jam pelajaran mendengarkan atau mendapatkan materi dari guru dengan cara ceramah. Mengakibatkan kondisi pembelajaran matematika yang kurang kondusif dan kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas III SDIT AL-ISTIQOMAH masih tergolong rendah Selain itu pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran, belum menggunakan metode, model dan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Problem Solving didukung model Question Student Have dengan menggunakan media gambar diagram terhadap kemampuan berhitung siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk Quasi Experimental Design Type Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode Problem Solving didukung model Question Student Have dan media gambar diagram, sedangkan kelompok kontrol melaksanakan pembelajaran seperti biasa dengan menggunakan ceramah dan metode Problem Solving. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode Problem Solving, Model Question Student Have, media gambar diagram dan kombinasi keduanya, dan variabel terikat yaitu kemampuan berhitung siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIIA dan IIIB SDIT AL-ISTIQOMAH yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berhitung Matematika dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh terhadap metode Problem Solving didukung model Question Student Have dengan menggunakan media gambar diagram terhadap kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran Matematika Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 82,36 lebih tinggi daripada rata-rata kelompok kontrol sebesar 76,18. Hasil analisis data menunjukan nilai t hitung 3,473 > t tabel,023. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan metode Problem Solving didukung model Question Student Have dan menggunakan media gambar diagram dengan kelas kontrol yang menggunakan ceramah dan metode Problem Solving. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan metode Problem Solving didukung model Question Student Have dengan menggunakan media gambar diagram terhadap kemampuan berhitung siswa kelas III SDIT AL-ISTIQOMAH.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI